Langsung ke konten utama

Perbaikan TV LED Sharp 32LE150M Berhenti-berhenti atau slow motion

Kali ini saya kedatangan TV LED Sharp, dengan no. model 32LE150M. Dengan kerusakan gambar berhenti2, atau orang2 biasa bilang "slow motion"

Langsung saja saya buka dan pengecekan langsung ditujukan ke board Tcon. Tegangan 3,3v, VGH, VGL, dkk terukur normal.

Setelah melalui IC TPS65175 tegangan Odd dan Even seperti biasa terukur berubah2 secara periodik(27v lalu -6v). Namun perubahan tegangan ini di-barengi atau bersamaan dengan gambar yang normal, lalu berhenti, lalu normal,...dst.
Dan gambar terlihat normal ketika tegangan Odd=27v(VGH) dan tegangan Even=-6v(VGL)

Langsung saja saya cut jalur Even&Odd dari IC TPS65175, lalu saya jumper VGH ke Odd, dan VGL ke Even.


Nyalakan TV, dan gambar sudah normal, tidak berhenti2 lagi.

Sekian sharing kali ini, semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara mengganti potensio stereo Polytron 1 baris ke potensio stereo universal 2 baris

Kali ini saya akan berbagi sedikit informasi, mengenai Speaker Aktif Polytron dengan Type PAS68. Speaker ini datang dengan kondisi suara sember sebelah. Dan kerusakannya berada di Transistor Final TIP41&TIP42.  Setelah masalah sember itu selesai, saya coba running test speakernya. Saat saya mau merubah volume, ada suara kresek2 saat saya memutar potensionya. Lalu saya bongkar bagian Tone Control nya untuk mengganti Potensio-nya. Setelah saya buka bagian Tone Control nya, seperti biasa, model speaker aktif polytron kebanyakan menggunakan potensio model 6 pin 1 baris. Tapi karena saya tidak ada stok potensio yg 1 baris, dan saya coba cari di toko juga tidak ada. Saya berencana menggunakan potensio Stereo Universal yang 2 baris. Berikut pin out masing2 potensio. Pinout potensio Polytron Pinout Potensio Stereo Universal PCB Tone Control Polytron PAS68 Setelah jumper menjumper selesai, dan potensio saya pasang di dudukannya, saya coba runn

Sharp 21" Multi System Susah Nyala

  Sharp 21 Multi System Susah Start Dapat pasien TV sharp 21 Multi System dengan keluhan kalau dinyalakan harus nunggu beberapa jam baru nyala. Setelah dibuka, kelihatannya mesinnya persis dengan Sharp Universe. Lanjut cekk... Setelah di cek dalam kondisi standby, diketahui tegangan regulator sekunder drop kecuali B+. Lalu saya ganti 3 Buah ElCo di belakang sensor IR, dengan kode C752, C654 dan 1 ElCo persis di belakangan sensor IR .  Hasilnya TV bisa menyala, namun saat saya coba matikan TV lewat remote(standby). Lampu indikator kedip2 merah, dan tegangan di reg. sekunder berdenyut.  ketika saya coba on-kan, TV bisa menyala dengan normal dan semua tegangan normal. Lalu saya coba cabut kabel listrik, dan saya hubungkan lagi. TVnya jadi susah on lagi. Pemeriksaan saya lanjutkan ke bagian regulator primer, dan saya langsung ganti 2 buah ElCo dengan body kecil dengan kode C716&C718, Lokasi nya dekat STR. Hasilnya, TV bisa standby dengan normal, dan ketika di on